BAKTI MENGAJAR

selamat datang di desa Bajur dengan program kerja Bakti Mengajar bersama SDN Bajur
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Mengajar adalah menyampaikan pengetahuan pada anak didik. Menurut pengertian ini berarti tujuan belajar dari siswa itu hanya sekedar ingin mendapatkan atau menguasai pengetahuan.
Desa Bajur merupakan desa yang masuk kota Pamekasan yang didominasi oleh pegunungan. Perjalanan dari perkotaan membutuhkan waktu 15-20 menit. Kebanyakan guru di desa Bajur ini berasal dari guru yang rumahnya jauh dari sekolahan sehingga membutuhkan perjuangan dan semangat yang kuat sebagai seorang guru. Namun semangat mahasiswa KKN 32 UTK tak kalah juga sebagai pengajar.
Semangat yang luar biasa dari KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik UTM 2017 yang pantang menyerah untuk selalu berkontribusi demi memajukan murid-murid di SDN Bajur. Meskipun kota Pamekasan merupakan kota yang memiliki nama kota pendidikan namun mahasiswa/i KKN UTM berusaha menyama ratakan pendidikannya dari selain kota pamekasan maupun yang dari kota pamekasan itu sendiri. Dengan waktu yang diberikan 26 hari kepada kami maka waktu itu sangatlah kurang untuk memperoleh hasil yang maksimal. Maka dari itu perlu diadakan kegiatan penyuluhan pendidikan.
Pada hari Sabtu, 14 Januari 2017 mahasiswa KKN UTM berkontribusi ke SDN Bajur 2 yang berada di dusun Klerker dan SDN bajur 3 yang berada di dusun Gunung desa Bajur Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Bakti Mengajar ini selesai pada hari Kamis, 02 Februari 2017.
Banyak manfaat yang didapatkan baik mahasiswa KKN 32 UTM, semua guru SDN Bajur dan murid-muridnya. Selain membantu untuk mengetahui cara baru bagaimana proses mengajar yang dimiliki mahasiswa KKN 32 UTM, kedatangan kami dapat memperingan kepada guru sebagai pengajar dan sedikit memajukan sekolahan karena di sekolahan tersebut diadakan penyuluhan pendidikan yang mendatangkan dinas pendidikan kecamatan Waru dan pematerinya dari dosen pendidikan S2 dari Bangkalan.
Semua guru dan murid SDN Bajur menerima kami dengan baik. Baru pertama kali saja rasanya seakan-akan mereka semua seperti keluarga sendiri. Murid-muridnya juga langsung menjabat tangannya mahasiswa. Tanpa pikir panjang besoknya langsung bisa mengajar dengan masing-masing jadwal yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN. Setiap kali hendak pulang dari kengajar mahasiswa KKN selalu diajak makan bersama dengan guru SDN Bajur di ruang kantor.
Waktu berjalan tidak terasa singkat untuk mengajar adik-adik SDN Bajur mahasiswa KKN mulai pamitan untuk pulang karena ada tugas di kampus. Berat rasanya meninggalkan semua guru dan murid tapi bagaimana lagi karena tugas. Kami akhirnya pamitan dan memberikan sebuah kenang-kenangan berupa penghargaan/piagam sebagai ucapan terima kasih atas ijin kami mengajar. Terima kasih dan selamat tinggal bapak ibu guru SDN Bajur 2 dan SDN Bajur 3. Kita semua akan selalu ingat momen berharga ini













0 komentar: