PELATIHAN RAGAM PANGAN (KERIPIK BAJURI)


KERIPIK BAJURI (Bayam Bajur Gurih)

Bayam adalah tumbuhan sayuran daun, bentuk daunnya bulat telur dengan ujung meruncing dan urat-urat yang jelas, bunganya berbentuk malai yang tegak (banyak macamnya, ada yang dibuat sayur, ada yang untuk obat). Bayam merupakan makanan yang teramat populer mudah ditemui dipasar, mudah diolah, harganya murah, dan yang terpenting adalah amat kaya nutrisi. Bayam merupakan sayuran yang telah lama dikenal dan dibudidayakan secara luas oleh petani di seluruh wilayah Indonesia. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Daun bayam biasa dimasak dengan cara dijadikan sayur bening. Namun sekarang ini olahan bayam semakin beraneka, bahkan ada yang membuatnya menjadi keripik.
Sayuran hijau baik untuk kesehatan karena banyak mengandung serat dan vitamin. Setiap orang harus mengonsumsi sayur setiap hari. Sayuran hijau banyak dikonsumsi dalam bentuk mentah, atau di masak dengan cara ditumis atau dibuat sayur berkuah, serta dalam bentuk camilan. Sayuran hijau jika di masak terlalu lama akan menguapkan zat vitamin yang terkandung di dalamnya.
Sayuran ini memang terlihat sangat sederhana, tapi tahukah Anda bahwa bayam memiliki kandungan yang sangat lengkap dan penting untuk tubuh. Selama ini, bayam sebagai salah satu jenis sayuran hijau, yang secara luar dikenal akan Serat, Vitamin, Beta Karoten, dan berbagai Mineral termasuk Zat Besi ternyata juga memiliki kandungan Protein yang tinggi pada daun dan Bijinya.
Sayuran ini tak cukup sedap di masak, bila di olah secara sehat dan di konsumsi secara teratur, beberapa penyakit dapat di cegah dan di obati. Bayam juga sangat baik. Bayam merupakan makanan super dengan kandungan nutrisi yang banyak di dalamnya. Maka tidak heran jika bayam menjadi sumber kekuatan Pepeye (salah satu tokoh kartun). Setelah mengonsumsi bayam, popeye menjadi lebih kuat dan sanggup mengalahkan Brutus yang berbadan besar. Hal tersebut tidaklah berlebihan karena pada kenyataannya pun demikian.
Sebenarnya sangat banyak mengenai manfaat bayam itu yang pada intinya bayam adalah sebuah sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk semua kalangan. Maka tidak heran semua orang dari zaman dulu sampai sekarang sangat disarankan untuk di konsumsi.
Keripik adalah penganan dibuat dari kentang, ubi kayu, daun-daunan, dan sebagainya yang diiris tipis-tipis lalu digoreng (KBBI Online). Keripik adalah “Sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu“.
Secara umum keripik dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran , atau pengeringan. Keripik dapat berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau paduan dari ke semuanya.
Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi -umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.
Selain menjadi pelengkap menu makanan sehat, sayuran hijau juga bisa di olah menjadi makanan ringan, yaitu dibuat kripik. Sayuran segar yang diolah yang di olah menjadi kripik dapat tahan lebih lama.

Dengan begitu, agar bayam banyak disukai oleh kebanyakan orang terutama anak2. Dalam bidang agroindustri, bayam dapat di olah menjadi inovasi terbaru yang salah satu contohnya adalah keripik bayam . selain kripik dengan rasa original, bisa juga dikreasikan menjadi berbagai rasa. Karena produk keripik bayam yang ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen yang merupakan manfaat inti dari produk keripik bayam. Bayam yang diolah memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Produk keripik bayam juga memiliki Potential Benefit (manfaat potensial) seperti menjaga lingkungan dan memedulikan kesehatan pelanggan.
Keripik bayam adalah makanan yang terbuat dari bayam sebagai bahan dasarnya dan menggunakan tepung pelapis sebagai penyalut lembaran bayam yang akan digoreng (Ramdhan, 2009). Pengolahan bayam menjadi keripik selain memberikan keanekaragaman pangan juga mampu meningkatkan kualitas dan nilai ekonomis dari sayuran tersebut. Selain itu keripik memiliki umur simpan lebih lama dari produk segarnya serta memberikan flavor produk yang khas, yaitu renyah dan gurih.
Beberapa faktor yang perlu diperhatikan pada pembuatan keripik bayam yaitu tekstur, warna, kandungan minyak dan masa simpannya untuk mempertahankan mutu sensorinya. Semua faktor tersebut selain tergantung pada sifat bahan dasar juga tergantung pada proses pengolahannya (Tursilawati, 1999).
KERIPIK BAJURI (Bayam Bajur Gurih), adalah cemilan/cemilan/keripik yang dicampur dengan daun bayam. Keripik dinamakan Bajuri ini berasal dari desa Bajur yang mana desa ini memiliki banyak tumbuh-tumbuhan bayam. Sebenarnya pembuatan keripik bayam (Bajuri) ini sangatlah muda. Semua ibu rumah tangga pasti sudah tahu bagaimana cara mengelolanya. Hanya saja di desa Bajur ini tidak memanfaatkan daun bayam dengan maksimal dari segi konsumsi dan ekonomi.
CARA PEMBUATAN RAGAM PANGAN
BAJURI (Bayam Bajur Gurih)

BAHAN
1.    Bayam
2.    Tepung beras 500g
3.    Tepung tapioca 70g
4.    Soda kue
5.    Bawang putih
6.    Garam
7.    Lada
8.    Penyedap rasa (masako)
9.    Daun jeruk
10.     Aneka rasa ++( (bila perlu) seperti balado


CARA PEMBUATAN:
1.    Pisahkan daun bayam dari batangnya lalu cuci dengan air bersih
2.    Haluskan 5 siung bawang putih, dan campurkan dengan garam, lada dan penyedap rasa
3.    Masukkan 500 gram(1/2 kilo) tepung beras ke dalam baskom, tambahkan 2 sdm tepung tapioka, ½ sdm soda kue, dan bumbu yang sudah dihaluskan kemudian di beri air secukupnya dan aduk sampai rata.
4.    Masukkan satu persatu daun bayam yang telah dibersihkan ke dalam adonan tepung yang sudah dibuat lalu goreng ke dalam minyak yang sudah panas, goreng hingga kecokelatan (kering).
5.    Setelah matang tiriskan kripik bayam lalu berikan varian rasa sesuai selera, kemudian kemas semenarik mungkin.

Mudah bukan? Pengolahan bayam menjadi kripik, selain memberi keanekaragaman pangan juga mampu meningkatkan kualitas dan nilai ekonomis dari sayuran tersebut. Selain itu kripik memiliki umur simpan lebih lama dari produk segarnya, serta memberikan flavor produk yang khas, yaitu renyah dan gurih.

Pada hari Kamis, 20 Januari 2017 dan hari Senen, 23 Januari 2017 peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Trunojoyo Madura 2017 mengadakan acara pelatihan pembuatan kripik bayam yang dinamakan KRIPIK BAJURI (Kripik Bayam Bajur Gurih) bersama warga PKK di balai Desa Bajur. Acara pelatihan ini merupakan program kerja yang dimiliki kelompok KKN 32 UTM yang di tanggung jawab oleh Dwi Haryati Pratiwi. Acara pelatihan ini telah disetujui oleh Bapak Syaiful selaku Kepala Desa Bajur dan dimeriahkan oleh istrinya dengan warga PKK dengan warga sekitar.
Desa Bajur ini memiliki 8 kelurahan dengan wilayah yang sangat luas sehingga akan kesulitan jika dilakukan pelatihan di setiap kelurahan maka dari itu peserta KKN melakukan pelatihan di dua tempat dengan beda waktu. Desa Bajur memiliki banyak tanaman bayam yang mana tanaman ini masih banyak yang tidak dimanfaatkan baik untuk usaha atau konsumsi. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar warga masyarakat desa Bajur bisa memanfaatkan dari bayam itu sendiri dan dapat mengembangkan ilmu dari adanya pelatihan ini.
Pelatihan pembuatan keripik bayam yang pertama dilakukan di Balai Desa Bajur yang diramaikan oleh ibu PKK. Acara PKK dikerjakan pada hari Kamis, 20 Januari 2017 dan dimulai pada jam 8 sampai jam 09:30 WIB dari pada ibu-ibu langsung pulang. Kemudian peserta KKN memiliki inisiatif dan mengadakan pelatihan pembuatan keripik bayam karena di desa ini banyak bayam yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Acara ini dihadiri oleh 24 pesera ibu PKK dengan disambut penuh kebahagiaan.
Pada saat acara berlangsung, bapak Kepala Desa memposting hasil produk pelatihan ini ke media facebook dan pada saat itu juga banyak komentar yang memberikan nilai positif. Tidak hanya hanya memberikan komentar positif saja tetapi ada seseorang yang memesan produk ini untuk dipasarkan dan yang menarik lagi yaitu ada yang meminta untuk disiarkan di radio daerah sekitar. Tanggapan seperti ini membuat peserta KKN 32 UTM sangat bangga dengan apa yang dikerjakan.
Acara pelatihan yang kedua dilakukan di dusun Pangdengkek dan berada di rumah warga. Acara ini dilakukan pada hari Senin, 23 Januari 2016 dimulai pada jam 14:00 WIB yang dihadiri masyarakat sebanyak 42 orang yang tercatat dalam absensi, karena ada juga warga yang tidak ikut absensi dan ikjt mengikuti acara berlangsung terutama kepada bapak-bapak.
Selama berlangsungnya acara ini warga masyarakat sangat antusias untuk mengetahui bagaimana cara membuat keripik Bajuri. Ketika proses memasak berlangsung, ibu-ibu langsung maju kedeoan dan melihat langsung memasaknya. Bapak-bapak yang ada diluar saja ikut meramaikan dengan membawa daun bayam sendiri untuk dimasak. Jadi bayamnya tidak dari panitianya langsung melainkan dari warganya sendiri tetapi yang memasak tetap panitia dengan ibu-ibu. Bayam yang dibawa oleh bapak-bapak ini sangat besar dan jauh lebih besar dari pada yang dibawa oleh panitia. Panitia membawa daun bayam besarnya sekitar 5 cm dan yang dibawa oleh bapak tersebut mencapai sekitar 15-25 cm.
Kondisi seperti inilah yang dapat membuat suasana menjadi sangat ramai yang awalnya terlihat agak canggung tetapi dengan adanya bapak yang membawa bayam ini menjadi sangat ramai. Panitia tidak merasa khawatir kalau wajannya tidak cukup karena wajan yang dibawa itu cukup besar dengan minyak yang cukup banyak juga. Ketika bapak itu selesai dimasakkan kemudian memamerkan kepada warga sekitar bahwa dia memiliki keripik bayam (Bajuri) yang terbesar dari yang lain sambil tertawa.

Alhamdulillah acara pelatihan pembuatan keripik Bajuri ini selesai. Acara yang sangat membuat peserta KKN 32 UTM sangat bahagia. Kami mengucapkan sangat berterima kasih kepada seluruh warga Bajur yang ikut meramaikan acara pelatihan ini terutama kepada bapak Kepala Desa Syaiful Bahri dengan istrinya. Berkat semuanya acara dan tugas program kerja kami berjalan dengan lancar.



9 komentar:

  1. waw sangat bermanfaat,. sudah enak dan menyehatkan juga,. semoga rakyat indonesia bahkan luar bisa berkesempatan makan ini kripik, 😂😂

    BalasHapus
  2. Bagus, sungguh kreatif, Imajinatif dan Inovatif. Luar Biasa

    BalasHapus
  3. Bisa kirim g?? Makanan kesukaan ku tuh......bisa minta Contact point nya kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap!!! bisa langsung hubungi No. 0857 9058 8642

      Hapus
  4. Bisa kirim g?? Makanan kesukaan ku tuh......bisa minta Contact point nya kah

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. benar agan.. sangat setuju saya :-)

      Hapus