BUDAYA DAN PARIWISATA DESA BAJUR

Kebudayaan yang berada di beberapa dusun Desa Bajur yaitu dahulu terdapat beberapa kebudayaan seperti halnya di Dusun Klerker, Dusun Pandengkek, Dusun Gunung, Dusun Beranggun, Dusun Bajur dan Dusun Pondok seperti ludruk, pencak silat dan hadrah. Namun dengan seiringnya waktu dan zaman yang mulai berkembang para penerus kebudayaan tersebut mulai hilang dikarenakan minat dari pemuda dan pemudi berkurang dan lebih tertarik dengan barang modern seperti gadget. selain itu alasan dari hilangnya kebudayaan tersebut dikarenakan sesepuh kebudayaan ludruk, pencak silat dan hadrah sudah meninggal dan anak cucunya lebih memilih cara hidup yang modern. Namun budaya yang lain di Desa Bajur adalah masih kentalnya budaya selametan yang ada sering dilakukan oleh warga Desa Bajur seperti halnya acara selametan hari kelahiran seseorang dirayakan selayaknya seorang islam dengan pembacaan doa yang dihadiri para tetangga-tetangga terdekat.
Bukan hanya kebudayaan yang berada di Desa Bajur namun juga ada pariwisata yang cukup menarik dan indah untuk dikunjungi seperti halnya pemandangan hijau yang indah terbentang luas disepanjang jalan. Di Desa Bajur juga terdapat tempat untuk basecamp berkemah atau camping yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam Desa Bajur yang memesona.  
Desa Bajur terkenal pula dengan agrowisata madunya yang tepatnya  terletak di Dusun Gunung. Tempat Pariwisata Madu ini dikelola oleh salah satu warga desa Bajur dusun Gunung yaitu, Bapak Ahmadi. Bapak Ahmadi dipercaya oleh warga desa setempat untuk mengelola tempat agrowisata tersebut, kemudian tempat tersebut disahkan dan dilakukan serah terima yang dilakukan oleh Kepala Desa Bajur.

Selain itu ada pula tempat pariwisata yang menyuguhkan pemandangan yang cukup memanjakan mata kita yaitu pemandangan dari atas ketinggian gunung, pemandangan desa sekitar yang ada di bawah desa Bajur memiliki daya tarik tersendiri.  Selain itu lebih indah apabila dipandang pada saat malam hari karena lampu-lampu yang bergemerlap yang berada di bagian darat bawah desa bajur terlihat seperti bintangbintang yang bertaburan dilangit, pastinya akan membuat kita yang melihatnya merasa kagum dengan keindahan Sang Maha Pencipta. Kelebihan dari Desa Bajur ini juga terletak pada sumber air yang digunakan, yaitu air yang digunakan oleh masyarakat Desa Bajur adalah asli dari air pegunungan yang segar, bersih dan asli dari sumber langsung yang mengalir dengan bantuan selang yang saling menyambung dari rumah warga satu ke rumah warga yang lain.

0 komentar: