DATA BASE DESA BAJUR

Pengertian Database

Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.
Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah.

Pengertian DIP B

Database Induk Penduduk Bajur (DIP B) merupakan suatu aplikasi yang bertujuan untuk mengolah basis data penduduk di desa Bajur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Database ini dibuat berbasis pada pengolahan data secara desktop (offline). Untuk menyimpan database, maka aplikasi ini dikoneksikan dengan Microsoft Office Acess. Dimana koneksi yang digunakan termasuk dalam koneksi 2 arah, yaitu sistem aplikasi mengirim dan menyimpan data di Ms. Acess, kemudian Ms. Acess mengirim hasil simpanan berupa data ke tampilan aplikasi untuk selanjutnya dioleh oleh sistem. Dibawah ini adalah tampilan menu Home  pada DIP B.


Manfaat dan Tujuan DIP B

a. Manfaat

Manfaat dengan dibuatnya Aplikasi Database Induk Penduduk Bajur (DIP B) antara lain sebagai berikut:
1.      Memudahkan pegawai desa untuk mengelolah data penduduk desa.
2.      Memudahkan dalam melakukan pencarian data.
3.      Memudahkan dalam membuat laporan data.
4.      Memudahkan dalam membuat sistem surat-menyurat.

b. Tujuan

Tujuan dengan dibuatnya Aplikasi Database Induk Penduduk Bajur (DIP B) antara lain sebagai berikut:
1.      Mengurangi tingkat kesalahan selama pengelolahan data.
2.      Mempermudah sistem pengelolahan basis data yang sudah ada.
3.      Meningkatkan tingkat ketelitian hasil pengolahan data.

4.      Menyajikan database yang lemgkap untuk keperluan sistem yang se makin kompleks. 

0 komentar: