HASIL BUMI DESA BAJUR

Desa Bajur adalah salah satu desa dari puluhan desa yang memiliki hasil bumi yang sangat melimpah. Desa Bajur juga terkenal dengan limpahan hasil bumi yang sangat banyak seperti halnya :
  1. Padi
Hasil padi di Desa Bajur sangat banyak dan melimpah, karna sepanjang jalan dan sejauh memandang mata kita disuguhkan hijau dan kuningnya warnawarna padi yang terhampar luas di samping kanan ataupun kiri jalan. Hasil panen padi biasanya di jual dan dikonsumsi untuk pribadi.
  1. Jagung
Hasil jagung yang ada di Desa Bajur juga sangat melimpah, karena bukan hanya padi di pinggiran jalan, kita juga disuguhkan dengan pemandangan luasnya dan banyaknya tumbuhan jagung yang ditanam oleh masyarakat sekitar. Hasil jagung tersebut biasanya di jual, di konsumsi sendiri dan tak jarang dijadikan sebagai makanan hewan seperti ayam atau burung dara oleh warga sekitar.
  1. Cabai Jamu
Cabai jamu juga salah satu hasil bumi yang melimpah yang berada di Desa Bajur. Masyarakat yang mayoritas petani sering menanam dipinggir-pinggir sawahnya dengan tumbuhan cabai jamu. Ada pula yang memang menanam cabai jamu di ladangnya. Biasanya hasil dari panen cabai jamu dijual langsung dan terkadang dijual secara kering pada pemasok. 
  1. Cabai Rawit
Selain cabe jamu, cabe rawit juga salah satu komoditas yang tidak pernah lepas dari petani di desa Bajur. 

  1. Bambu
Bambu di Desa Bajur kebanyakan tumbuh liar di pinggir jalan dan tepi sungai. Bambu ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk Desa Bajur sebagai bahan bangunan dan kerajinan, dan tidak jarang bambu ini dijual ke penduduk yang membutuhkannya. 


  1. Bayam
Sayuran hijau ini banyak tumbuh di pekarangan warga. Warga sekitar menyebutnya dengan “Tarnyak” dalam bahasa Madura. Salah satu sayur yang berdaun lebar ini sering diolah sebagai sayuran pendamping ketika makan. Karena hanya diolah seperti biasa, ketika mahasiswa KKN UTM kelompok 32 mengadakan pelatihan pembuatan keripik bayam, warga sangat antusias dan penasaran bagaimana jika bayam tersebut digoreng dan dijadikan keripik. 
Selain potensi-potensi dan kekayaan alam yang telah disebutkaan di atas, masih banyak lagi hasil bumi dari Desa Bajur seperti pisang, tembakau, kacang-kacangan dan lain-lain.


0 komentar: