PENYULUHAN PENDIDIKAN

Selamat datang di desa Bajur dengan program kerja Penyuluhan Pendidikan

Nama kegiatan                      : Penyuluhan Pendidikan
Judul                                     : Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Era Modern
Tema                                     : Mari Menuju Perubahan
Waktu
Pukul                         : 09.30-11.30 WIB
Tanggal                     : Kamis, 23 Januari 2017
Tempat                                  : SDN Bajur 3, Kec. Waru
Pemateri                               : Wanda rahmansyah., S.Pd., M.Pd


Salah satu program kerja yang dimiliki oleh kelompok KKN 32 UTM ini adalah penyuluhan pendidikan dengan tema mari menuju perubahan dan judulnya adalah meningkatkan kualitas belajar mengajar diera modern. Program kerja ini didukung kuat oleh bapak kepala desa Bajur yaitu Saiful Bahri dengan kepala dinas cabang Waru yaitu bapak Moh. Ramli. Acara penyuluhan ini diadakan pukul 09.30 – 11.30 WIB  hari Kamis, 26 Januari 2017 yang bertempat di SDN Bajur 2. Maksud dan tujuan acara ini tanpa mengganggu aktifitas murid-murid di SDN Bajur 2. Para murid tidak diliburkan atau dipulangkan jadi aktifitas belajar masih tetap berjalan dan begitu juga program kerja penyuluhan ini. Begitu juga di sekolah SDN Bajur 3 tidak diliburkan karena yang diundang untuk penyuluhan pendidikan dari sekolah ini hanya 5 guru. Mengapa demikian di adakan jam 09:30?, karena semua guru memiliki rumah yang jauh dari sekolahan, kalau di adakan setelah pulang sekolah maka akan kemalaman pulangnya juga belum sibuk di finger print.
Sebelum menceritakan acara penyuluhan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta KKN 32 UTM yang telah membantu dan berusaha mensukseskan program kerja ini. Terutama kepada bapak Moh. Ramli selaku kepala dinas cabang Waru yang telah mengijinkan adanya acara penyuluhan ini. Tak lupa juga kami ucapkan kepada seluruh peserta penyuluhan ini dan terutama kepada kepala sekolah SDN Bajur 2 dan SDN Bajur 3 yang telah menyempatkan waktunya untuk mendatangi acara kami. Bapak Syaiful Bahri selaku kepala desa Bajur tak lupa juga kami ucapkan terimakasih yang telah mengijinkan acara sekaligus meramaikan acara ini. Terutama kepada anggota KKN 32 UTM yang telah mensukseskan acara ini.
Kami KKN 32 UTM merencanakan acara penyuluhan ini jauh sebelum keberangkatan ke lokasi sehingga apa yang kita rencanakan cukup baik walaupun hambatan tetap ada. Ketika mendekati hari acaranya, setiap sie dan penanggung jawab diminta tugas apa yang telah terselesaikan dan apa yang akan direncanakan demi kepancaran acara penyuluhan ini.
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian . Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.
Sebagai salah satu upaya pengembangan desa melalui upaya peningkatan kesadaran dan kualitas pendidikan. Disebutkan bahwa anak memiliki tugas utama untuk belajar dan bermain. Maka orang tua yang baik senantiasa mengarahkan anak-anaknya hanya pada dua tugas tersebut, dalam arti anak tidak akan pernah diajak membantu pekerjaan orang tua maupun melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak sepantasnya dikerjakan oleh anak. Dengan pendidikan diarahkan agar anak dapat memahami dan mengerti tentang lingkungan di mana mereka tinggal. Dengan sentuhan akal, ilmu dan iman mereka akan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang benar dan mana yang salah serta mana yang halal dan mana yang haram.
Kota Pamekasan dimata madura merupakan kota pendidikan (kata bapak Moh. Ramli sepaku kepala dinas cabang Waru) sehingga kota pamekasan dalam hal pendidikan sudah dikatakan cukup baik, tetapi tidak semua lembaga yang ada di pamekasan itu baik. Hanya beberapa tempat atau lembaga yang perlu referensi ulang. Maka dari itu sangat bagus jika di adakan penyuluhan agar lebih merata tingkat pendidikan antara bagian pamekasan yang satu dengan yang lain.
Kedatangan KKN 32 UTM ini disambut dengan senang hati oleh semua guru SDN di desa Bajur. Begitu juga adanya kegiatan penyuluhan pendidikan ini disambut bahagia oleh guru-guru disini. Ketika pemateri menyampaikan materinya, guru-guru sangat antusias mendengarkan penjelasan  pematreri walaupun disini pematerinya bisa dibilang muda sedangkan para guru disini sudah sepuh-sepuh. Terutama ketika bapak Wanda Rahmansyah memberikan sebuah buku kepada peserta tentang proses belajar kepala sekolah SDN Bajur 2 dan SDN Bajur 3 sangat menginginkan untuk memiliki.
Bapak Wanda rahmansyah., S.Pd., M.Pd memberikan sebuah jimat berupa satu buku yang menjelaskan tentang proses sebagai seorang guru. Buku ini sangat lengkap bisa digunakan untuk semua kalangan guru. Buku ini menjelaskan dari proses awal mengajar hingga mencapai hasil yang mantab. Sangat berterima kasih kepada bapak Wanda rahmansyah., S.Pd., M.Pd karena telah memberikan jimatnya kepada sekolahan.
Seusai acara selesai bapak kepalasa sekolah SDN Bajur 3 memberikan jempol dan nilai bagus kepada para panitia. Begitu juga para guru yang lain mengucapkan selamat atas kesusksesan acara ini.
















0 komentar: