SEJARAH DESA BAJUR

       
Desa Bajur berasal dari kata “ BAJUR” dimana kata bajur tersebut berasal dari  pohon besar yang bernama “BAJUR” yang terdapat di desa bajur. Dari sinilah awal mulanya nama desa bajur tercipta. Dilihat dari daerahnya, memang Desa Bajur ini merupakan desa yang sangat luas wilayahnya. Terdiri dari 8 Dusun dan merupakan daerah perbukitan yang bersemak belukar. Di desa bajur ini dulunya dikenal sebagai tempat orang yang memiliki kewibawaan tinggi serta kedigdayaan, sehingga masyarakat sekitar sering menyebut desa Bajur adalah singkatan dari kata “Baik dan Jujur”.
Seorang pemimpin desa biasa disebut kepala desa seperti yang kita kenal saat ini. Dari masa berdirinya sampai sekarang, desa bajur telah mengalami beberapa pergantian seorang pemimpin desa/kepala desa. Adapun kepala desa yang pernah menjabat hingga sekarang adalah sebagai berikut:
1.    Kades Abdul Mukti
2.    Kades Kasmito
3.    Kades Tuki
4. Kades Taryo               1987 s/d 1995
5. Kades H. Sinal            1995 s/d 2003
6. Kades Saiful Bahri      2003 s/d 2008
7. Kades Zainal               2008 s/d 2015
8. Kades Saiful Bahri      2016 s/d 2021

Adapun struktur organisasi pemerintah desa bajur memiliki kondisi keberadaan rukun tetangga. Sebagai bagian dari satuan Wilayah Pemerintahan Desa Bajur yang memiliki fungsi sangat berarti terhadap pelayanan kepentingan masyarakat wilayah tersebut, terutama terkait hubungannya dengan pemerintahan pada level di atasnya. Dari kumpulan rukun tetangga inilah sebuah padukuhan terbentuk.

0 komentar: