UPACARA SDN BAJUR

Selamat datang di desa Bajur dengan upacara di SDN untuk desa Bajur
Bendera merupakan salah satu identitas bangsa, di balik  wujudnya sebagai benda mati, kisah yang tersirat pada sebuah bendera adalah sebuah kisah bagaimana perjuangan para pahlawan dalam membentuk dan memerdekakan  sebuah negara. Pertumpahan darah dan air mata menjadi kisah yang bukan semata-mata untuk dikenang, tapi harus dihayati dan dipahami secara mendalam. Melalui upacara bendera yang diselenggarakan di sekolah-sekolah, di situlah penghargaan atas perjuangan para pahlawan terhadap bangsa ini semakin membukakan mata bahwa, bendera yang kita miliki bukan hanya benda artifisial tanpa makna.
Upacara bendera merupakan sesuatu yang sangat-sangat tidak asing di telinga kita, namun apakah kita tahu apa itu upacara bendera ? Upacara Bendera adalah tindakan dan gerakan yang dirangkaikan dan ditata dengan tertib dan disiplin. Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain. Dengan demikian upacara bendera merupakan suatu ritual khusus untuk penghormatan pada simbol-simbol negara seperti bendera, lagu kebangsaan, lambang negara, atau pejabat pemerintah.
Beberapa waktu belakangan ini pelaksanaan upacara bendera tidak diintensifkan dan dianggap  biasa-biasa saja. Padahal upacara bendera di sekolah mempunyai makna yang dalam sekali. Pengaruh teknologi juga diduga menjadi salah satu sebab penghayatan terhadap upacara bendera kian menipis. Perkembangan teknologi yang melesat cepat itu berpengaruh  terhadap pola pikir generasi muda masa kini. Hal-hal yang instan mengalahkan segala sesuatu yang sifatnya seremonial. Penyebab lainnya, di duga pola  pembelajaran yang diberikan guru tentang pentingnya upacara bendera di sekolah kurang menarik. Sehingga mereka tidak care terhadap hal-hal yang berbau bendera dan bela negara.
Kondisi sekarang, upacara yang dilaksanakan tiap hari Senin hanya menjadi formalitas belaka. hampir semua petugas dan peserta upacara tidak atau kurang memahami maksud yang sebenarnya. Bahkan upacara bendera kini menjadi forum menyampaikan informasi dari pimpinan pada anak buahnya.
Tujuan upacara bendera kini telah mengalami banyak pergeseran. Tujuan upacara bendera kini diantaranya :
a.      Membiasakan bersikap tertib dan disiplin.
b.      Meningkatkan kemampuan dalam memimpin.
c.      Membina kekompakan dan kebersamaan.
d.      Belajar untuk menghormati orang lain dan bersedia untuk dipimpin.
e.      Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan 
f.       Mengenang jasa-jasa para pahlawan




        Desa bajur merupakan desa yang masuk dalam kota Pamekasan, sedangkan kota Pamekasan memiliki julukan kota Pendidikan. Tidak heran di setiap sekolahan disini masih mengutamakan pentingnya upacara. Berdasarkan data kependudukan menurut pendidikan di desa Bajur, jumlah murid SD dan SD/MI merupakan jumlah terbanyak jika dibandingkan dengan lainnya. Sehingga tidak heran murid-muridnya semangat dalam memperingati upacara.












0 komentar: